Manfaat

Ion Negatif (ANION)

Ion adalah atom yang bermuatan negatif atau positif. Atom tersusun dari netron yang bermuatan netral, proton yang bermuatan positif, dan elektron yang bermuatan negatif.

Jumlah muatan positif dan negatif pada atom adalah sebanding, sehingga atom tidak memiliki muatan. Namun, karena sesuatu sebab, beberapa elektron dapat meninggalkan atom. Jika atom kehilangan elektron, ia berubah menjadi ion positif. Sebaliknya, akan menjadi ion negatif jika ia menerima elektron.

Udara disekitar kita mengandung banyak ion positif dan negatif. Ion-ion ini terbentuk secara alamiah akibat radiasi dari sinar kosmik, gelombang elektromagnetik, sinar matahari, cahaya lampu, air terjun dan lain sebagainya. Saat udara cerah konsentrasi ion negatif diluar gedung atau bangunan adalah sekitar 200-800 ion per cm3. Di dalam ruangan ion-ion tersebut diketemukan dalam konsentrasi lebih rendah

.

Menurut seorang profesor dari Fakultas Kedokteran Universitas Tokyo, berdasar teori efek Leonard, ion negatif banyak dihasilkan di tempat air memancar dan bertabrakan seperti :

di sekitar air terjun (sekitar 10.000 – 14.000 ion per cm3),

pantai (sekitar 5.000 ion per cm3 ),

air mancur (sekitar 4.000 ion per cm3),

sungai (400 ion per cm3).

Kawasan hijau juga melepaskan ion negatif lebih besar daripada kawasan tanpa pepohonan. Data menunjukkan, konsentrasi ion negatif terbesar bisa ditemukan di

hutan rimba (sekitar 50.000 ion per cm3),

Berikutnya di pegunungan (5.000 ion per cm3),

pinggiran kota dan tempat terbuka (700 – 1.500 ion per cm3),

taman kota (400 – 600 ion per cm3),

jalur hijau di dalam kota (100 – 200 per cm3),

perumahan dalam kota (40 – 50ion per cm3), dan

yang terkecil di dalam ruang ber-AC yakni (0 – 25ion per cm3).

 
Kartu Ion Negatif Xtra Card untuk melancarkan peredaran darah

Ion negatif memberi pengaruh baik bagi kesehatan sampai ada yang menyebutnya sebagai ” Vitamin Udara “. Untuk kebutuhan menjaga kesehatan tubuh, diperlukan 1.000 – 5.000 ion per cm3.

Lantas apakah Kita sudah mendapatkannya ?
Dan berapa banyakkah ion negatif yang kita dapatkan ?

Manfaat Utama Ion Negatif

1. Membersihkan Darah.

Ion negatif dapat meningkatkan kinerja lima faktor utama dalam darah (Nitrogen, oxygen, calcium, sodium dan potassium) sehingga menjadikan darah kita menjadi lebih bersih dan alkali (basa)

2. Memperbaiki sel.

Tubuh manusia diperkirakan mempunyai sekitar 6 triliun sel, dan jika tubuh dan darah kita dapat menerima jumlah ion negatif yang cukup, maka pergerakan sel akan menjadi lebih aktif, dan ion negatif membantu menyediakan nutrisi keseluruh sel didalam tubuh, dengan gerakan ini maka sel yang sakit dan sel yang sudah mati akan diperbaiki kembali, serta akan meningkatkan kalsium sehingga otot akan bergerak lebih aktif terutama otot jantung

3. Peningkatan daya tahan tubuh.

Gamma globulin adalah salah satu jenis protein yang berisi serum dan sebagai pembentuk pertahanan tubuh (anti body). Ketika ion negatif meningkat dalam tubuh manusia maka gamma globulin dalam darah pun akan meningkat, maka secara otomatis akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh terutama dari virus dan bakteri

4. Kemampuan menyesuaikan sistem syaraf otonom.

Sistem saraf otonom secara otomatis akan mengontrol tubuh tanpa kita sadari, jumlah ion negatif akan membantu kemampuan sistem saraf otonom dalam menjalankan tugasnya terutama dalam mengontrol darah dan organ-organ tubuh kita yang lainnya sehingga tubuh akan dalam kondisi yang lebih baik. Oleh karena itu ion negatif sangatlah penting bagi sistem saraf otonom, darah dan kelenjar getah bening serta berperan penting dalam peningkatan atau penurunan vitalitas seseorang.

5. Mengurangi rasa sakit.

Ion negatif akan meningkatan ionisasi kalsium, menghasilkan endorphins dan enkephalins serta membatu memulihkan tubuh dari lesu, letih dan lemah serta mengembalikan kondisi fisik seperti semula, sama baiknya saat sel tubuh kita membuat orang yang sakit kembali menjadi sehat, peredaran darah membaik, dan menghilangkan rasa sakit.

( Sumber diambil dari thesis Dr. Cruiser dari Universitas Barkley, dan Dr. Moore dari Universitas Michigan
dan Dr. Yamano dari Universitas Tokyo. )

6. Meningkatkan produktifitas.

pada artikel ” Advanced Research on Atmospheric Ions ” oleh Guy Cramer ada hubungan antara konsentrasi ion di udara dan produktifitas manusia pada berbagai kegiatan.

7. Meningkatkan vitalitas tubuh.

Ion Negatif di udara dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui pernapasan dan pori-pori kulit. Ion ini masuk ke seluruh sel dalam tubuh dengan menumpang arus aliran darah. Ion Negatif dalam tubuh dapat menguraikan asam laktat menjadi zat yang tidak berbahaya (air dan ion laktat) yang mudah dibawa oleh aliran darah menuju tempat pembuangan (pada saat tubuh lelah dan tegang, asam laktat dalam tubuh akan terkurung dalam sel yang mengakibatkan timbulnya rasa pegal-pegal).

Kasus seperti yang dialami oleh para peneliti pyramid yaitu ketika sampah makanan yang ditinggalkan pengunjung dalam ruang raja tempat mumi disimpan. Sampah itu tidak membusuk, hanya mengering. Bangkai binatang yang kebetulan ada di dalam pun kering bagai mumi. Para peneliti yang bekerja dalam piramid juga merasakan tubuhnya lebih sehat dan kuat, pegal-linu pun lenyap.

Ada apa dengan piramid ?

Penelitian itu kemudian menyimpulkan bahwa kekuatan magnet pada batu granit di ruang raja mengakibatkan lepasnya elektron dari atom atau molekul di udara sekitar tembok. Elektron bebas itu kemudian berikatan dengan atom lainnya untuk membentuk ion negatif. Ion negatif inilah yang mengikat bakteri dan membunuhnya. Bakteri pun tak berkutik untuk melakukan pembusukan, sehingga sampah dan bangkai hanya mengering.

8. Meningkatkan kerja limpa dalam menghasilkan kekebalan tubuh.

Otomatis tubuh mampu menghadapi berbagai virus yang masuk. Influenza dan penyakit virus lainnya pun enggan masuk ke tubuh.

9. Dapat membersihkan udara dan juga baik untuk kesehatan.

Ion Negatif juga bermanfaat dalam membunuh virus dan bakteri yang ada di udara sekitar kita.

10. Disisi lain Ion Negatif juga diketahui berguna untuk menetralkan Superoksida.

Superoksida dalam darah yang sebenarnya berfungsi untuk membunuh mikroorganisma dalam tubuh manusia, terkadang justru sebaliknya malah dapat merusak sel-sel dalam tubuh apabila kadar konsentrasinya terlalu tinggi (I. Fridovich, 1960). Sedangkan dengan adanya Ion Negatif akan dapat menambah jumlah enzim SOD (superoksida dismutase) yang berfungsi untuk mengurangi kadar superoksida dalam darah.

Alat-alat elektronik biasanya banyak memproduksi ion positif, seperti contoh pada tabung monitor TV atau tabung monitor komputer. Air Conditioner (AC) konvensional yang tidak dilengkapi dengan plasma cluster atau air purifier juga banyak menghasilkan ion positif. Ion positif mempunyai dampak yang kurang bagus terhadap kesehatan :

Dapat mendorong ketidakseimbangan kimiawi tubuh manusia, hingga dapat mengganggu kesehatan.

Keracunan ion positif bahkan bisa memicu produksi hormon serotonin di otak, yang dapat menimbulkan kecemasan.

Dapat menyebabkan blood dyscresia atau gangguan kelainan pembekuan darah.

Terlalu banyak ion positif di udara akan terserap oleh tubuh. Disisi lain, dinding sel darah bermuatan negatif. Akibatnya muatan yang berlawanan ini, akan terjadi tarik menarik antara dinding sel darah dan ion positif. Inilah yang mendorong terjadinya penggumpalan darah sehingga terjadi emboli atau penyumbatan.

Jika emboli terjadi di otak bisa berdampak perdarahan dan atau stroke, bila di paru-paru akan berakibat gangguan pernapasan. Sementara bila emboli itu terjadi di jantung atau ginjal, yang terjadi adalah serangan jantung dan gagal ginjal.

Penyebab utama Sindrom Gedung Sakit tidak ada hubungannya dengan pencemaran dan infeksi kuman, virus, jamur dan parasit, melainkan karena perbandingan antara jumlah ion negatif dan ion positif dalam udara yang tidak seimbang. Secara normal udara yang sehat dan segar kandungan ion negatif dan ion positif yang ideal minimal adalah dengan perbandingan 5 positif dan 4 negatif.

Penyebab Sindrom Gedung Sakit adalah akibat perbandingan ion negatif dan ion positif yang terbalik, sehingga terjadi keracunan ion positif. Bangunan rumah dan gedung yang sehat dan ideal antara tanah terbuka (tidak disemen atau aspal) dan bangunan adalah 3:2

Pada zaman sekarang, perumahan-perumahan modern dan bangunan-bangunan perkantoran sangat jauh dari negatif ion. Komputer, cahaya lampu, sistem ventilasi udara, dan bahan-bahan bangunan yang modern mengandung banyak sekali ion positif.

Produk buatan manusia yang bisa menghasilkan ion negatif yaitu: AC yang dilengkapi plasma cluster atau air purifier, ion negative generator, air purifier, air ionizer, car ionizer, shower, air mancur, pancuran.

Penghasil alami ion negatif antara lain petir, hujan, air terjun, hulu sungai, batu granit.

YANG PERLU DIPERHATIKAN

electronic air ionizer, generator ion negatif atau air purifier mempunyai efek samping yaitu memproduksi ozone (O3). Ozone diketahui sebagai polutan dan berbahaya bagi paru-paru manusia apabila terhirup. untuk itu biasanya electronic air ionizer atau ion purifier professional dilengkapi dengan filter karbon. filter karbon berfungsi untuk mengurangi kadar ozone dalam udara. jadi hati-hatilah anda jika ingin membeli alat air ionizer atau air purifier jika alat tersebut tidak dilengkapi filter karbon.

Ozone secara alami bermanfaat untuk menangkal sinar UVb matahari, tetapi itu hanya terjadi di lapisan Ozon diatas atmosfer. apabila ozone berada di atas permukaan tanah atau pemukiman maka bisa jadi sangat berbahaya bagi manusia.